Perjalanan Anda Menuju Revisi ISO 14001:2015 bersama LQRA



Perjalanan Anda Menuju Revisi ISO 14001:2015 bersama LQRA

Llyod`s Register LRQA 10 Jun 2015

Hal apa yang baru?

Annex SL (struktur baru tingkat tinggi dan teks umum untuk semua standar ISO baru dan revisi) adalah saru perubahan terbesar dalam dokumen ISO/DIS 14001:2014. Annex SL menggabungkan EMS ke dalam pemikiran strategis sebuah perusahaan dan meningkatkan tanggungjawab dalam isu kepemimpinan di perusahaan dalam kaitannya dengan EMS. 

Topik lainnya yang baru di standar ISO 14001 termasuk: a] konteks organisasi (klausa 4), b] pendekatan berbasis risiki (klausa 6 dan 10), c] ruang lingkup dan penerapan (klausa 4.3 dan 1), d] informasi terdokumentasi (klausa 7.5), dan e] perspektif siklus hidup dan pemantauan outsourcing (klausa 8). 

Apa yang berubah?

Di antara area standar yang berubah atau yang sekarang berisi informasi lebih spesifik, perusahaan harus memberi perhatian pada a] meningkatkan penekanan pada keterlibatan manajemen puncak dengan ISO 14001 (klausa 5), b] kebijakan (klausa 7.4), d] informasi yang terdokumentasi (klausa 7.5), e] kinerja dan evaluasi (klausa 9), dan f] tinjauan manajemen (klausa 9)

Apa makna ISO/DIS 14001:2014 untuk perusahaan Anda?

Terbitnya DIS membuka jalan bagi perusahaan untuk mulai merencanakan perubahan mereka ke standar baru jika sudah diterbitkan (saat ini IOS merencanakan bahwa ISO 14001:2015 akan terbit di bulan September 2015)

Informasi saat ini dari IOS menunjukan bahwa perusahaan memiliki 3 tahun masa transisi hingga benar-benar berubah menjadi standar baru, sehingga mereka bisa memilih untuk berubah kapan pun di antara masa tiga tahun ini. 

Beberapa perusahaan memilih untuk berubah pada siklus sertifikasi berikutnya, meskipun banyak juga yang ingin cepat mengadopsi perubahan ini, mengingat bahwa ISO 14001:2015 memberikan nilai fleksibilitas yang tinggi yang diiringi juga dengan bonus komitmen yang jelas untuk praktik terbaik yang telah ditunjukkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. 

Bagaimana LRQA bisa membantu Anda?

Lingkup layanan ISO 14001:2015 termasuk gap analysis, pelatihan, briefing terhadap manajemen, perencanaan transisi, dan lokalatih fasilitasi, dan penilaian, yang semuanya dirancang untuk membuat transisi Anda menuju standar baru semulus mungkin. Layanan LRQA disesuaikan dengan perusahaan Anda, orang-orang Anda, dan sistem Anda, yang memberikan pemahaman bagaimana semua itu sangat terkait dengan kinerja bisnis Anda di masa yang akan datang.


Bagikan artikel ini :

Sign up for good news emails

Stay current with our latest insights