Surprise, Perpusnas Populer Meski Minat Baca RI Masih Rendah



Surprise, Perpusnas Populer Meski Minat Baca RI Masih Rendah

Admin 22 Des 2023

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah diketahui terus berusaha untuk mendorong minat membaca buku di Indonesia yang dinilai masih sangat rendah.

Data UNESCO dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) mendapati, indeks minat baca masyarakat Indonesia hanya di angka 0,001 persen. Disamping itu, Pemerintah juga terus mengedepankan kepuasan pelayanan di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas).

Adanya Perpusnas ini memiliki tujuan utama untuk menjadi lembaga penyelenggara perpustakaan nasional yang memiliki fungsi sebagai pusat informasi, pengetahuan, dan dokumentasi.

Selain itu, Perpusnas juga bertujuan untuk melestarikan dan menjaga kearsipan, mendorong pembangunan kebudayaan dan ilmu pengetahuan, memajukan dunia perpustakaan dan menyediakan layanan perpustakaan nasional.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) melalui Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara diketahui mendapatkan kategori "Sangat Baik" dalam Kegiatan Kajian Kepuasan Pemustaka.

Survei dilakukan secara online dan offline di gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Jl Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta Pusat dan Jalan Salemba Raya No. 28A Jakarta Pusat selama bulan Juni hingga Oktober 2023, dengan responden para pemustaka yang menggunakan layanan Perpusnas.

Penyusunan survei yang dilakukan oleh Perpusnas ini bekerjasama dengan perusahaan konsultan yang bergerak di bidang manajemen dan juga bisnis, PT KOKEK sebagai mitra dalam melaksanakan kegiatan survei terhadap 26 Layanan Perpustakaan Nasional RI tahun 2023 dengan menggunakan media Surveiku sebagai aplikasi dalam mengumpulkan kuesioner.

Hasil survei menunjukkan nilai indeks 3,638 (dari range 3,5324-4,00) atau rata-rata nilai konversi 90,959 (dari range 88,31-100,00).

Dari hasil penilaian tersebut tercatat Kepuasan Layanan Perpusnas masuk dalam kategori "Sangat Baik" untuk layanan secara keseluruhan dari Perpusnas.
Beberapa penilaian unsur yang mendukung terhadap kepuasan pemustaka pada 26 (dua puluh enam) Layanan Perpustakaan Nasional RI adalah Biaya/Tarif yang mendapatkan skor 3,928; Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan dengan skor 3,900; dan Sarana dan Prasarana 3,621 dengan kategori "Sangat Baik".

Sedangkan unsur terendah adalah Persyaratan dengan skor 3,483; Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan dengan skor 3,523; dan Waktu Penyelesaian 3,525. Penilaian unsur tersebut menempati posisi terendah namun tetap dalam kategori "Baik".

"Hasil survei ini akan ditindak lanjuti dalam memberikan pelayanan prima untuk masyarakat. Semoga dalam kegiatan ini mampu menjadi momentum tepat untuk mendorong kualitas pelayanan publik yang terukur," ujar Made Ayu Wirayati, perwakilan Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional RI.

 

Sumber berita: CNBC INDONESIA


Bagikan artikel ini :

Sign up for good news emails

Stay current with our latest insights